Mc Luhan mengemukakan media is the message, media adalah pesan
itu sendiri. Oleh karena itu, bentuk media saja sudah mempengaruhi khalayak.
Menurut Steven M. Chaffee, ada lima jenis efek kehadiran media massa sebagai
benda fisik, yaitu :
a. Efek Ekonomi, kehadiran media massa memberikan berbagai usaha
produksi, distribusi, dan konsumsi jasa media massa.
b. Efek Sosial, berkatian dengan perubahan pada struktur atau
interaksi social sebagai akibar dari kehadiran media massa
c. Penjadwalan Kegiatan Sehari-hari, Kehadiran media massa
membuat aktivitas sehari-hari berpangaruh terhadap adanya media. Di pagi hari,
biasanya masyarakat kota membaca Koran dahulu, Di malam hari, dimana anak-anak
seharusnya tidur, tapi malah menonton tv.
d. Efek Hilangnya Perasaaan Tidak Nyaman, orang menggunakan
media untuk memuaskan kebutuhan psikologisnya dengan tujuan untuk menghilangkan
perasaan tidak nyaman, perasaan kesepian, marah, kesel, kecewa dan sebagainya.
e. Efek menumbuhkan Perasaan Tertentu, terkadang seseorang akan
mempunyai perasaan positif atau negative terhadap media tertentu. Misalnya
orang akan mempunyai perasaan positif terhadap Koran Kompas dari pada Koran Pos
Kota. Tumbuhnya perasaan senang atau percaya pada suatu media massa tertentu
erat kaitannya dengna pengalaman individu bersama media massa tersebut.
Contoh kasus:
Kasus Video asusila Luna Maya dan Ariel Peterpan yang
diberitakan oleh beberapa media televisi menjadi sebuah senjata pemusnah karier
bagi oknum yang terlibat. Tetapi dari sana pula timbul sebiuah gelombang pro
Ariel yang berusaha membela Ariel dengan membuat statement bahwa Ariel hanyalah
korban.
Sumber: Wikipedia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar