' Revolusi Komunikasi '
Jika orang berbicara
mengenai komunikasi, maka tak akan lepas dari adanya keterlibatan dari dua atau
lebih subjek yang saling menukar suatu informasi. Secara harfiah komunikasi
dapat diartikan sebagai suatu proses penyampaian informasi dalam hal ini bisa
berupa ide, gagasan, tanggapan, sanggahan, pesan, dan lain-lain dari suatu
subjek kepada subjek lain sehingga terjadi saling keterkaitan diantara
keduanya.
Ada beberapa unsur
yang perlu di perhatikan dalam berkomunikasi, unsur-unsur ini harus ada agar
komunikasi dapat berjalan dengan baik. Unsur-unsur tersebut diantaranya :
1.
Informasi (data yang dikirim atau diterima seperti suara, gambar, file, tulisan, dll)
2.
Pengirim (subjek yang memberikan informasi)
3.
Media (alat atau sesuatu yang berfungsi mengirimkan informasi dari pengirim kepada penerima. Media yang berfungsi mengantarkan informasi misalnya
udara (ketika berbicara langsung), telepon (ketika berbicara langsung tetapi
tidak bertemu secara langsung), dan lain- lain.
4.
Penerima (subjek yang menerima informasi)
5.
Feedback (tanggapan dari penerima pesan)
Pada awalnnya,
komunikasi terjadi dan hanya bisa dilakukan secara langsung saja yaitu
berhadapannya antara satu subjek dengan subjek lain, adapun media yang dipakai
pada zaman ini masih berupa subjek atau orang. Hal ini dikarenakan belum
terdapatnya alat atau media yang digunakan. Setelah perkembangan yang terjadi
sejak sekian lama, banyak sekali perubahan-perubahan dalam hal komunikasi.
Ditemukannya alat atau media yang digunakan dalam proses komunikasi merupakan
salah satu diantara perubahan besar tersebut.
Diera Globalisasi
yang sekarang ini marak diperbincangkan orang, komunikasi merupakan satu
diantara beberapa faktor utama yang menyebabkan terjadinya era Globalisasi. Hal
ini bisa terjadi karena pasatnya perkembangan komunikasi itu sendiri. Bahkan
ada yang menyebutkan bahwa komunikasi merupakan “penemuan yang revolusioner” di
era globalisasi. hal ini dikarenakan peningkatan teknologi komunikasi yang
pesat seperti ditemukannya radio, televisi, telepon, satelit dan jaringan
komuter seiring dengan industiralisasi bidang usaha yang besar dan politik yang
mendunia.
Setelah terjadinya
revolusioner di bidang komunikasi, perkembangan komunikasi jarak jauh otomatis
menjadi mudah dilakukan. Pertukaran informasi antar daerah bahkan antar benua
bisa terjadi secara langsung. Ada tiga bentuk dasar dari komunikasi jarak jauh,
diantaranya :
1.
Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex)
pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang
berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Pager, televisi, dan radio.
2.
Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim
dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui
media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
3.
Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah
(Half Duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian
namun tetap berkesinambungan. Contoh : Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.
Sumber : Wikipedia Indonesia
Efek atau Dampak Revolusi Komunikasi bagi para pelaku Komunikasi
Ada beberapa dampak
positif dari perkembangan revolusi komunikasi , yaitu :
·
Hubungan antar benua tak terbatas
·
Trsansaksi dapat terjadi secara instan
·
Perkembangan dunia pemberitaan semakin maju
·
Manusia menjadi lebih mudah berkomunikasi
·
Timbul rasa kesenangan bagi manusia
·
Manusia menjadi lebih mudah mendapatkan informasi
Selain dampak
positif, perkembangan revolusi komunikasi mempunyai dampak negatif, yaitu :
·
Terjadinya ketergantungan terhadap teknologi komunikasi (HP, TV, Internet,
dll)
·
Sering terjadi penyalahgunaan fungsi teknologi komunikasi (Telepon digunakan untuk meneror, Internet digunakan untuk membuka situs-situs tidak
jelas, dll)
·
Penggunaan BTS dan Elektrimagnetis yang dapat mengganggu kesehatan
·
Semakin menipisnya nilai-nilai budaya lokal akibat globalisasi
Contoh kasus:
salah satu tayangan yang ada di salah satu stasiun televisiIndonesia adalah Mario Teguh The Golden Ways. Acara ini merupakan alkshow ini dipandu oleh seorang motivator handal yang terkenal bernamaMario Teguh yang mampu memberikan motivasi luar biasa. Sejak tayang perdananya tanggal 3 Agustus 2008, Mario Teguh telah mampu memukau banyak orang dengan penyampaian motivasi yang luar biasa, menggunakan bahasa yang santun dan sangat menyentuh dari setiap materi yangdisampaikan penuh inspirasi juga kata-kata yang mudah dimengerti. Meskiterkesan serius, akan tetapi menjadi ringan dan mudah dicerna karenadiselingi humor Mario Teguh yang segar menjadikan penjelasannya mudahdiserap dan diterima
Menurut penulis, tayangan ini berhasil merubah perilaku individu,khususnya mahasiswa yang seringkali disibukkan oleh rutinitas perkuliahanyang padat dan terkadang dihadapkan dengan berbagai masalah setiap hari,yang membuat mereka bisa kehilangan motivasi diri untuk mendapatkan halyang diinginkan, dan menjadikan tujuan mereka mengabur dan lama-lamamenghilang. Oleh sebab itu perlunya motivasi diri sebagai faktor pendoronguntuk bertindak sesuai dengan keinginan yang hendak dicapai.
Contoh ini merupakan salah satu dampak positif dari media. Tayanganini mencoba memberikan informasi yang dapat mendorong masyarakat untuklebih termotivasi dalam menjalankan hidupnya. Sebagian masyarakattermotivasi dengan kata-kata yang disampaikan Mario Teguh danmenerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari, namun ada juga yangkurang menyukai tayangan ini karena menurut mereka, kehidupan realitatidaklah semudah apa yang dikatakan Mario Teguh
Sumber : Google.com & Wikipedia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar